BERITA
  • 19 Februari 2020
  • 0 Komentar
  • 328 Kali Dilihat
60 Pengelola Arsip OPD Pringsewu Ikuti Bimtek Kearsipan

Sebanyak 60 pengelola arsip organisasi perangkat daerah dan kecamatan se Kabupaten Pringsewu mengikuti bimbingan teknis kearsipan. 

Bimtek selama 3 hari yang dibuka oleh Wakil Bupati Pringsewu Dr.H.Fauzi, SE, M.Kom., Akt., CA, CMA di Hotel Regency Pringsewu, Selasa (18/2/20) ini menghadirkan narasumber, diantaranya Direktur Kearsipan Wilayah II Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) Wawan, S.IP, M.AP, dan Arsiparis Muda ANRI M.Satrianto, S.Hum., M.AP, kemudian Kasi Pengelolaan Arsip Statis Provinsi Lampung Firmansyah, dan Arsiparis Ahli Muda Provinsi Lampung Syamsul Hilal Ade, S.Sos.

Turut menghadiri pembukaan bimtek, Asisten Administrasi Umum Setdakab Pringsewu Hasan Basri, SE, MM, Kadis Kominfo Pringsewu Drs.Samsir Kasim, M.Pd.I., Kepala Bapenda Hipni, SE, Sekdis P3AP2KB Drs.H.Sunargianto, M.Pd., dan Sekretaris DPK Korpri Kabupaten Pringsewu Rudito.

Wakil Bupati Pringsewu Dr.H.Fauzi, SE, M.Kom., Akt., CA, CMA dalam sambutannya berharap melalui bimtek tersebut akan terwujud penataan dan pemeliharaan arsip secara benar dan tertib, dan terlaksananya pengelolaan arsip dinamis sesuai prinsip, kaidah, dan standar kearsipan serta aturan perundang-undangan yang berlaku. "Terlebih bidang kearsipan ini memiliki peran yang sangat besar, sementara SDM di bidang kearsipan masih sangat sedikit, sehingga diadakannya bimtek ini menjadi hal yang sangat penting," katanya. 

Sementara itu, Direktur Kearsipan Wilayah II Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) Wawan, S.IP, M.AP, yang juga menjadi salah satu narasumber menyambut baik kegiatan bimtek ini, dimana sesuai UU No.43 Tahun 2009 tentang Kearsipan, ada 2 sasaran kinerja yang harus diwujudkan bidang kearsipan ini, yakni perlindungan kepentingan negara dan perlindungan hak-hak keperdataan rakyat.

Dalam laporannya,  Kadis Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Pringsewu Ir.Suheriyanto mengatakan tujuan kegiatan bimtek kearsipan ini adalah untuk meningkatkan kompetensi peserta dalam menata dan memelihara arsip, baik arsip aktif maupun arsip inaktif. "Hal ini sebagaimana tema yang diusung yakni 'Meningkatkan kompetensi aparatur menuju Pringsewu Tertib Arsip'," katanya. (*/ Bagian Protokol & Komunikasi Pim. Setdakab Pringsewu / Isnanto Hapsara)