BERITA
  • 30 Juli 2020
  • 0 Komentar
  • 19 Kali Dilihat
PENUTUPAN KEGIATAN TENTARA MANUNGGAL MEMBANGUN DESA TMMD KE- 108 TAHUN 2020

PAGELARAN UTARA - Kegiatan Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) Ke-108 Tahun 2020 yang dilaksanakan oleh Kodim 0424/Tanggamus di Pekon Way Kunyir dan Pekon Gunung Raya, Kecamatan Pagelaran Utara, yang dimulai sejak 30 Juni 2020 resmi ditutup oleh Bupati Pringsewu H. Sujadi dan Dandim 0424/Tanggamus Letkol Inf. Arman Aris Sallo. Kegiatan penutupan ini dipusatkan di lapangan Pekon Gunung Raya, Kecamatan Pagelaran Utara, pada hari Rabu 29 Juli 2020.

Turut menghadiri kegiatan penutupan ini yaitu, Ketua DPRD Kabupaten Pringsewu Suherman, S.E., Kejari Pringsewu yang diwakili oleh Staf Fungsional Kejaksaan Ahmad Saifudin F, Perwakilan Polres Pringsewu, Assisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Andi Wijaya, S.T., M.M., Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan John Drawadi, S.E., M.M., Asisten III Bidang Administrasi Umum Hasan Basri, S.E., M.M., Danramil se-Kabupaten Pringsewu, seluruh Kepala OPD, Camat se-Kabupaten Pringsewu, Kepala Pekon Way Kunyir dan Gunung Raya.

Dandim 0424/Tanggamus sekaligus selaku Dan Satgas TMMD ke-108 Letkol Inf. Arman Aris Sallo menyampaikan laporan mengenai program kerja TMMD ke-108 Kodim 0424/Tanggamus Tahun 2020 Bidang Bhakti TNI, yaitu sasaran fisik diantaranya pembangunan badan jalan dengan Onderlagh dengan ukuran panjang 942,5 meter dan lebar 3 meter, pembangunan jembatan dengan panjang 6 meter dan lebar 4,5 meter yang menghubungkan antara Pekon Way Kunyir dengan Pekon Gunung Raya, pembangunan 2 unit gorong-gorong plat decker panjang 1,5 meter dan lebar 5 meter, pembangunan 4 unit gorong-gorong buis beton diameter 40 cm, pelebaran badan jalan panjang 1200 meter dan lebar 5 meter, perkerasan agregat kelas C panjang 731 meter dan lebar 3 meter, rehab 4 unit rumah yang terbagi 2 unit di Pekon Way Kunyir dan 2 unit di Pekon Gunung Raya, dan rehab 1 musholla.

"Satuan tugas TMMD ke-108 Kodim 0424/Tanggamus Tahun Anggaran 2020 telah melaksanakan dan menyelesaikan tugas, dan menyerahkan hasil pekerjaan kepada Pemerintah Kabupaten Pringsewu untuk dipergunakan dan dirawat sebaik-baiknya", ujar Letkol Inf. Arman Aris Sallo.

Sedangkan Bupati Pringsewu H.Sujadi membacakan amanat Panglima Komando Daerah Militer II/Sriwijaya Mayor Jenderal TNI Irwan Zaini, S.I.P., M.Hum, selaku Penanggungjawab Keberhasilan Operasional TMMD pada acara penutupan TMMD ke-108 Tahun Anggaran 2020 di wilayah Kodim 0424/Tanggamus. Keberhasilan yang telah tercapai ini tidak terlepas dari dukungan dan kerja sama dari Pemerintah Provinsi, Kabupaten/Kota, Instansi terkait, dan partisipasi aktif dari segenap komponen masyarakat yang telah bersama-sama prajurit TNI dan POLRI, mewujudkan pembangunan daerah yang menjadi sasaran pelaksanaan TMMD ke-108 Tahun ini. Apa yang terbaik untuk rakyat, itu juga yang terbaik untuk TNI, hal ini selaras dengan tema yang diangkat pada pelaksanaan TMMD ke-108 ini, yaitu “TMMD Pengabdian untuk Negeri”.

Selanjutnya acara dilanjutkan dengan tatap muka bersama warga di Posko TMMD, Kepala Pekon Gunung Raya Toyim Yusuf, mengucapkan terima kasih kepada seluruh jajaran TNI, POLRI dan seluruh pihak yang terlibat atas terlaksananya TMMD ke-108 di Pekon Gunung Raya. Dan terima kasih kepada warga Pekon Gunung Raya dan Pekon Way Kunyir yang telah menghibahkan tanahnya untuk pelebaran jalan.

Letkol Inf. Arman Aris Sallo mengucapkan terima kasih kepada seluruh warga yang selama pelaksanaan TMMD secara bersama-sama telah membantu. Terima kasih juga untuk Pemerintah Kabupaten Pringsewu yang telah mempercayakan pelaksanaan TMMD ini, sehingga menjadi kenal dan akrab, sehingga terciptanya Kemanunggalan TNI bersama rakyat. Kepada OPD yang terlibat membantu melaksanakan penyuluhan tentang bahaya Narkoba, penyuluhan Covid-19, dan pengobatan massal. Terima kasih juga kepada pihak POLRI, yang telah membantu setiap hari mengawal pelaksanaan TMMD.

Ucapan terima kasih juga disampaikan oleh H.Sujadi kepada seluruh warga Pekon Way Kunyir dan Pekon Gunung Raya, karena ditengah-tengah cobaan pandemi Covid-19, dengan segala keterbatasan ini, kita semua masih bisa membuat sejarah baru, bisa membuat jalan, gorong-gorong dan jembatan, merehab rumah dan musholla, serta pada penutupan rangkaian pelaksanaan TMMD ini dilaksanakan sunatan massal, pengecekan kesehatan dan pengobatan gratis, semua pelaksanaan ini tidak terlepas untuk kesejahteraan rakyat.

Acara berikutnya yaitu penyerahan piagam penghargaan dari Pemerintah Kabupaten Pringsewu dan Kodim 0424/Tanggamus kepada 39 penerima yang telah menghibahkan sebagian tanahnya, penyerahan sembako bagi 30 penerima, dan penyerahan kunci kepada 4 penerima bedah rumah.

Dalam Kesempatan ini juga dilaksanakan penandatanganan naskah serah terima hasil kegiatan TMMD oleh Bupati Pringsewu dan Dandim, serta penandatanganan Prasasti oleh Bupati Pringsewu.

Selain itu juga dilakukan peresmian Jalan hasil kegiatan TMMD oleh Bupati Pringsewu dan Dandim 0424/Tanggamus dengan didampingi oleh Forkopimda Kabupaten Pringsewu yang diberi nama Jl. TMMD 108, serta peresmian Jembatan Penghubung antara Pekon Way Kunyir dan Pekon Gunung Raya yang diberi nama Way Gunung Raya. (diskominfo/eko/rakhmat)